Sekali lagi, ada pemadaman Internet skala besar lainnya, kali ini dari M1 (pemadaman broadband serat M1 mencapai ribuan pengguna, 13 Mei).
Ini adalah yang kedua dalam beberapa bulan, setelah kegagalan jaringan StarHub bulan lalu (pengguna Internet StarHub menghadapi kesengsaraan konektivitas, 16 April).
Keduanya terjadi pada waktu yang tidak tepat, ketika kebanyakan orang bekerja dari rumah.
Disinsentif yang ada dari Infocomm Media Development Authority (IMDA) yang mengenakan denda pada perusahaan telekomunikasi karena gagal memberikan layanan yang memuaskan tampaknya tidak membuahkan hasil.
Sudah waktunya untuk memikirkan kembali pendekatan hanya menghukum pihak yang bandel.
Sebaliknya, IMDA harus mengamanatkan bahwa setiap perusahaan telekomunikasi membuat layanan cadangan dengan penyedia layanan lain, untuk diaktifkan jika terjadi pemadaman yang meluas, yang akan dibayar oleh perusahaan telekomunikasi yang terkena dampak. IMDA dapat membuat mekanisme pelaporan otomatis di mana publik mencatat laporan masalah konektivitas.
Setelah tingkat peringatan yang telah ditentukan dipicu, perusahaan telekomunikasi yang terpengaruh akan diarahkan untuk menggerakkan “jaringan cadangan”.
Ini akan memiliki sejumlah keuntungan; itu akan mengurangi gangguan pada layanan penting sambil menghukum perusahaan telekomunikasi yang salah.
Teo Hoon Seng